Monday, August 14, 2006

Satu Rasa

Setiap kita berpikir mengenai sesuatu sudah pasti ada banyak orang juga di dunia yang tengah memikirkan hal yang sama. Pemikiran yang sama yang seharusnya membentuk perasaan yang sama. Ketika di jalanan, melihat pengemis, timbul rasa kasihan. Di belahan bumi lain atau bahkan cuma berbeda beberapa kilometer mungkin juga ada yang memiliki pemikiran dan perasaan yang sama.
Melihat, mengetahui, memikirkan sebuah bencana, peperangan, kekacauan dan hal negatif lainnya. Apakah akan menimbulkan perasaan yang sama juga? dari sisi moral sudah pasti lebih banyak yang memiliki perasaan yang sama juga. Perasaan sedih, kesal, takut, semua bercampur.
Perasaan yang sama, walaupun tidak terlihat nyata, bisa dirasakan antar manusia. Cukupkah untuk lebih mengikat emosi? emosi antar manusia yang berisi semua hal yang juga sama yang pada akhirnya menimbulkan kenyamanan. Ketika semua rasa itu membentuk atmosfir positif, pada akhirnya membentuk suatu perasaan akhir saling membutuhkan lalu terciptalah perdamaian.
Selalu terbayangkan semudah itu. Padahal kalau sudah terbayangkan oleh banyak orang semudah itu tentu satu hal yang paling membedakan akan dapat dikendalikan. Karena selama satu hal itu mendominasi hati sulit bagi kita untuk memiliki perasaan yang sama.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home